tuliskan ciri kebahasaan teks eksposisi

Apabila anda mencari artikel perihal tuliskan ciri kebahasaan teks eksposisi. anda amat beruntung berkunjung kesini buat mengenali banyak tentang soal ulangan itu. Di sini kita pernah merangkum banyak sekali data yang berhubungan tentang tuliskan ciri kebahasaan teks eksposisi.

Nah kali ini admin hendak kasih informasi seputar soal ulangan itu. banyak sekali informasi diluaran sana yang serta mangulas tentang tuliskan ciri kebahasaan teks eksposisi. Berikut ini ada sebagian informasi berguna lainnya perihal soal ulangan itu. Simak penjelasan berikut ini:

tuliskan ciri kebahasaan teks eksposisi?

Jawaban

Teks eksposisi merupakan teks nonfiksi yang memuat dan menjelaskan suatu informasi atau pengetahuan berdasarkan fakta sebenarnya.

Ciri-ciri kebahasaan dalam teks eksposisi antara lain:

Penggunaan pronomina (kata ganti), yaitu kata yang dapat menggantikan nomina dan frasa nomina. Contoh: aku, dia, mereka, kami, kita, ini, siapa, apa.
Penggunaan konjungsi (kata hubung), yaitu kata-kata yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat, misalnya kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, serta kalimat dengan kalimat. Contoh: tetapi, sedangkan, dan, agar, lalu.
Penggunaan nomina (kata benda), yaitu kata-kata yang merujuk pada nama seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Contoh: meja, hewan, kue, pantai.
Penggunaan verba (kata kerja), yaitu kata-kata yang menyatakan suatu tindakan. Contoh: menangis, bermain, makan.
Penggunaan adjektiva (kata sifat), yaitu kata-kata yang menjelaskan rupa, keadaan, waktu, watak orang, hewan, atau benda. Contoh: berani, cepat, cantik, tampan, memesona.
Penggunaan adverbia (kata keterangan), yaitu kata-kata yang melengkapi atau memberikan informasi berupa keterangan waktu, suasana, tempat, alat, cara, dan lain-lain. Contoh: dengan, secara, kemarin, besok.
Penggunaan istilah, yaitu kata-kata yang bersifat keilmuan atau teknis. Contoh: vertebrata, inflasi, dehidrasi.
Adanya keterpaduan antarparagraf, yaitu kohesi dan koherensi. Kohesi adalah keterkaitan antarunsur dalam struktur sintaksis atau struktur wacana yang ditandai, antara lain oleh konjungsi, repetisi, dan pelesapan. Koherensi adalah hubungan logis antarbagian karangan atau antarkalimat dalam satu paragraf.
Penggunaan kata baku dan ejaan yang tepat.

Dengan demikian, ciri-ciri kebahasaan teks eksposisi adalah penggunaan pronomina/kata ganti, konjungi/kata hubung, nomina/kata benda, verba/kata kerja, adjectiva/kata sifat, adverbia/kata keterangan, istilah, adanya keterpaduan paragraf/kohesi dan koherensi, dan kata baku dan ejaan yang tepat.

Itulah tadi jawaban dari tuliskan ciri kebahasaan teks eksposisi, semoga membantu.

Kemudian, Admin juga merekomendasikan siswa sekalian untuk membaca soal lainnya yakni bagaimana cara mengetahui urutan peristiwa dalam teks nonfiksi dan jawabannya adalah

– Sebuah pertanyaan yang sering dicari kunci jawabannya oleh banyak orang dan pertanyaan tersebut jua bisa anda cari jawabannya lewat kolom search kanan atas dibawah logo di web ini.

Itulah Uraiannya soal tersebut. Jika masih ada pertanyaan lain kalian juga dapat langsung ajukan lewat kotak komentar yang ada dibawah

Nah itulah sedikit informasi yang dapat admin bagikan moga-moga data tentang tuliskan ciri kebahasaan teks eksposisi. bisa bermanfaat buat anda semua.

About administrator