Panduan belajar cara membuat blog untuk pemula

Panduan belajar cara membuat blog untuk pemula

Penjelasan bagaimana memulai belajar cara membuat blog dari awal.

Blogging mungkin bukan hal yang asing bagi sebagian orang. Tapi tidak sedikit juga yang belum tahu bagaimana memulai belajar cara membuat blog untuk pemula dan memaksimalkannya. Terutama untuk tujuan menghasilkan uang melalui blog.

Untuk Anda yang belajar membuat blog, ada beberapa hal yang penting untuk kita pahami supaya proses belajar lebih cepat serta menghemat waktu :

1. Pengertian Website – Kita perlu memahami pengertian website dan bagaimana cara kerja sebuah website. Karena Blog pada dasarnya juga merupakan sebuah website.

2. Pengertian Blog – Dengan memahami pengertian blog, akan memudahkan kita dalam hal bagaimana memilih blog platform yang sesuai. Dan akan membuat kita lebih tahu apa yang akan kita lakukan dengan blog tersebut.

3. Manfaat blog – Mengetahui apa saja manfaat yang bisa kita peroleh melalui blogging akan semakin memotivasi diri. Memotivasi untuk mencapai apa yang menjadi tujuan kita ngeblog. Ada banyak sekali manfaat blog, anda bisa baca artikel yang menjelaskan tentang manfaat blog disini.

4. Blogspot atau wordpress – Anda perlu memilih salah satu dari 2 blog platform yang paling populer ini, yaitu Blogspot atau WordPress. Tidak perlu memilih keduanya karena sangat tidak efektif untuk mempelajari 2 hal secara langsung. Dan kalau saya sarankan pilih wordpress saja karena lebih mudah pengoperasiannya. Lebih fleksible dan powerful. Oleh karena itulah di bog ini hanya akan membahas pandua belajar cara membuat blog di wordpress saja.

5. Apa itu WordPress – Setelah menentukan untuk anda memilih WordPress, pahami apa itu wordpress serta bagaimanakah memulai ngeblog dengan menggunakan wordpress, serta caa untuk memaksimalkannya. Insya Allah ada banyak artikel tentang hal itu di blog ini.

Jangan lupa juga tentukan tujuan anda ngeblog. Apakah hanya ingin menyalurkan bakat menulis, pengen lebih dikenal, dll. Atau ingin cari penghasilan online dari blog? Nah yang terakhir ini kaya’nya yang paling menarik.

Mau Pilih Blogspot atau WordPress?

Bingung Mau pilih Blogspot atau WordPress.

Blogspot atau Blogger dan WordPress adalah 2 platform paling populer. Saat akan memulai mempelajari tentang blog tidak sedikit yang bingung mau pilih Blogspot atau WordPress. Begitu juga dengan saya waktu itu.

Tapi setelah membaca beberapa artikel dan mencoba-coba sedikit-sedikit fiturnya, cara pengoperasiannya dan lain-lain, barulah saya langsung bisa menilai dan menentukan pilihan.

Bagaimana orang memberi penilaian dari kedua blogplatorm ini, semua tergantung selera masing-masing. Tapi kalau saya pribadi jelas di hati saya wordpress menang telak 100% di putaran pertama. Malah kaya pilkada aja.. hehe.

Kalau anda belum begitu tahu perbedaan Blogspot dan wordpress, saya mau sharing aja nih penilain saya. Selebihnya silahkan anda coba-coba sendiri. Karena kalau tidak kenal maka tidak sayang juga kan?

Berikut ini ada 2 faktor yang membuat saya lebih memilih WordPress :

Kemudahan ngeblog

Dari segi kemudahan dalam mengoperasikannya, sebenarnya relatif juga. Namun ada satu hal penting, yaitu dalam hal kemudahan bekerja di halaman adminostrator. Halaman admin wordpress lebih user-friendly, alias pengguna akan lebih merasa nyaman. Karena dari awal kita menulis posting baru, lalu mengganti theme (tema), serta menambahkan  plugin, dan lain sebagainya, semua itu dapat dikerjakan dengan cukup mudah dalam satu halaman admin panel. Dan panel-panel menu admin lebih terorganisir di samping kiri. Sangat mudah dipahami dan dioperasikan.

Tujuan ngeblog

Jika tujuan ngeblog anda adalah non-komersil alias tidak untuk mencari penghasilan dari blog, dan anda tidak ingin mengeluarkan biaya sedikitpun, wordpress lebih cocok. Karena ada 2 jenis wordpress, yaitu wordpress.com instant. Membuat blog di wordpress dot com tidak butuh membeli domain dan hosting. Alias just klik and go. Disini point-nya adalah lebih mudah dan gratis di wordpress.com. Membuat blog di blogspot juga gratis, namun menurut saya tidak lebih mudah jika dibandingkan dengan wordpress.com.

Terus, Jika tujuan ngeblog kita memang untuk mencari penghasilan dari blog, tapi anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk sewa hosting dan membeli domain, tanpa mempertimbangkan dari segi kemudahan penggunaannya, maka anda bisa memulai dengan blogspot. Karena wordpress.com tidak memungkinkan anda untuk memasang program periklanan maupun affiliasi.

Yang terakhir untuk memilih menggunakan blogspot atau wordpress, jika tujuan anda adalah memang mencari uang dari blog dan anda siap mengeluarkan sedikit dana untuk sewa hosting dan domain. Maka pilihan terbaik menurut saya adalah menggunakan wordpress.org. Anda hanya cukup mengupload file wordpress yang bisa anda unduh di www.wordpress.org ke dalam hosting online milik anda. Proses ini biasa disebut instalasi wordpress di cpanel, install wordpress di hosting sendiri, atau install wordpress di server online.

PS : Untuk menambah bahan pertimbangan anda bisa juga baca artikel ini : kelebihan wordpress. Pertimbangan-pertimbangan diatas adalah pertimbangan pribadi saya berdasarkan pengalaman saya pribadi. Hanya sebagai reerensi saja. Akan lebih baik jika anda mecoba-coba keduanya agar lebih tahu mana yang lebih cocok bagi anda. Memilih Blogspot atau wordpress.

Apa itu wordpress?

Penjelasan tentang apa itu

Waktu pertama kali belajar cara membuat blog di wordpress, saya juga ngga tahu apa itu wordpress. Kenapa banyak orang menggunakan wordpress dan kenapa ada blog wordpress yang alamatnya tanpa embel-embel wordpress dot com.

Akhirnya waktu itu, setelah cari-cari dan baca beberapa artikel, terjawab deh pertanyaan saya. Kalau di deskripsikan, Apa itu wordpress, akan panjang kali lebar deh. Jadi lebih baik saya susun dengan nomor-nomor seperti di bawah ini :

1. Mesin Blog – WordPress tu salah satu mesin blog yang open source, Alias gratisan-lah gampangnya. Dan mesin blog wordpress adalah yang paling mudah digunakan, tapi tetep paling powerful.

2. CMS – WordPress termasuk CMS(Content Management System). Atau dalam artinya, sebuah sistem managemen konten website dimana kita bisa memanage konten dengan terorganisir dan mudah.

3. Paling banyak digunakan – Mesin blog wordpress paling banyak digunakan di seluruh dunia. Tidak mengherankan, karena wordpress adalah mesin blog yang lengkap, fleksibel, dan paling mudah digunakan.

4. Ada 2 jenis – WordPress memiliki 2 varian. Yang pertama adalah wordpress dot com. Yang kedua adalah wordpress dengan hosting sendiri. Untuk yang pertama, alamat blognya pastilah akan ada akhiran wordpress dot com contoh : www.asyahome.wordpress.com. Kalau yang ke 2, alamat blog bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita tanpa menggunakan embel-embel wordpress.com pada bagian belakangnya.

Kenapa banyak blogger lebih memilih wordpress? Karena banyak kelebihan wordpress yang tidak dimiliki platform blog lain. Serta kemudahan dalam mengoperasikannya. WordPress bahkan bisa “disulap” menjadi website yang mempunyai fungsi tertentu seperti website portal berita, web katalog, website toko online (e-commerce) dll.

Cara posting artikel wordpress

Panduan langkah-langkah cara posting artikel wordpress.

Cara posting artikel wordpress tidaklah sulit. Dan berbicara tentang bagaimana cara menggunakan wordpress, hal yang paling utama adalah memang menulis artikel sebagai isi dari blog wordpress itu sendiri. Karena blog wordpress yang artikelnya jarang di update, tidak akan dilirik google sebagai halaman-halaman yang pantas untuk dinaikkan rangkingnya.

Setelah wordpress terinstall dan melakukan beberapa setting wordpress, saatnya kita mulai menulis artikel. Berikut ini langkah-langkah cara posting artikel wordpress :

1. Login ke halaman admin wordpress anda dari halaman login www.domain-anda.com/wp-admin.

2. Lihat menu samping kiri, sorot menu “Post” lalu pilih sub menu “add new” :

3. Tuliskan judul artikel, tulis artikel anda pada kolom yang disediakan :

 

Keterangan 1 : Kolom untuk menulis judul artikel.

Keterangan 2 : Ikon untuk meng-upload gambar di dalam artikel

Keterangan 3 : Ikon Kitchen sink, berguna untuk memunculkan atau menyembunyikan barisan icon nomor 2. Untuk mencobanya, langsung di klik saja.

Keterangan 4 : Tempat menulis artikel atau postingan wordpress.

4. Menentukan kategori artikel.

Masih pada halaman yang sama, kita bisa menentukan postingan akan masuk dalam kategori apa. Di wordpress, 1 artikel bisa kita masukkan ke dalam beberapa kategori. Tinggal centang saja kategorinya, seperti gambar di samping.

Jika kategori dari artikel yang sedang anda tulis merupakan kategori baru, anda bisa menambahkan langsung disitu.

Tuliskan nama kategorinya, lalu klik +Add New Category.

5. Tambahkan tag artikel wordpress.

Lihat sisi kanan halaman yang sama, di bawah kolom categories. Isikan tag artikel anda. Tag merupakan satu atau beberapa kata yang mewakili tema artikel yang sedang anda tulis. Tuliskan pada kolom tag, lalu klik “Add”.

Jika anda mengaktifkan beberpa plugin, seperti plugin SEO, biasanya anda harus masih mengisikan beberpa isian di bawah editor.

Setelah selesai semua, tinggal klik tombol “Publish”. Demikian ulasan sederhana tentang cara posting artikel wordpress.

 

About administrator