Tips Membuat Klaim Asuransi Agar Cepat Diterima

Tips Membuat Klaim Asuransi Agar Cepat Diterima

Ketika memilih produk asuransi akan lebih baik apabila membeli produk yang mengajukan klaim lebih mudah. Karena banyak produk asuransi yang susah untuk dicairkan dan mempunyai banyak aturan yang membuat pemegang polis susah mendapatkan keuntungan asuransi yang dimiliki. Oleh karena itulah pastikan untuk memilih produk asuransi yang mempunyai proses dan cara pengajuan klaim yang mudah. Bagi Anda yang ingin mengajukan klaim juga bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini, sehingga pengajuan klaim Anda lebih mudah diterima:

  • Selalu bayar premi tepat waktu

    Tips mudah pertama yang dapat digunakan untuk lebih mudah klaim asuransi dapat diterima adalah dengan selalu membayar premi tepat waktu. Pastikan Anda telah membayar premi setiap bulannya. Atau juga bisa memilih frekuensi premi pembayaran yang sesuai dengan kemampuan. Dengan membayar premi tepat waktu, akan membantu apabila mengalami resiko yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Sehingga akan menguntungkan apabila Anda mempunyai riwayat yang baik dalam pembayaran premi tepat waktu tersebut, agar nantinya klaim yang diajukan lebih mudah diterima.

  • Masa aktif asuransi

    Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mengenai masa aktif asuransi. Pastikan juga selain terus membayar premi tepat waktu juga adalah asuransi Anda yang masih aktif. Sehingga hal ini akan membuat klaim yang dilakukan juga lebih mudah diterima karena statusnya masih aktif dan bermasalah. Apabila Anda mengajukan klaim asuransi ketika memasuki masa aktif polis, maka akan membuat klaim yang Anda ajukan ditolak. Oleh karena itulah perhatikan masa aktif polis asuransi yang Anda punyai.

  • Peraturan pengecualian

    Tips terakhir yang bisa diperhatikan adalah dengan mengetahui dan memahami mengenai peraturan pengecualian dari produk asuransi yang dipunyai. Misalnya saja adalah asuransi kesehatan, biasanya akan mempunyai pengecualian untuk beberapa kondisi kesehatan khusus yang dipunyai. Sehingga nantinya hal tersebut akan membuat klaim yang diajukan tidak diterima. Oleh karena itulah pastikan untuk selalu memperhatikan dan memahami peraturan mengenai pengecualian produk asuransi yang dipunyai.

3 Langkah Tepat Memilih Asuransi Jiwa Terbaik

Asuransi jiwa merupakan salah satu produk perlindungan yang bisa dipilih. Dimana asuransi ini akan memberikan banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Mulai dari bisa mendapatkan uang pertanggungan yang besar, premi terjangkau, dan juga bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Sehingga produk ini menjadi pilihan terbaik karena juga bermanfaat untuk keuangan lainnya. Produk ini dapat menjadi deposito dalam jangka panjang, mempersiapkan dana pendidikan anak, biaya pengobatan apabila dibutuhkan, dan juga berbagai manfaat lainnya. Oleh karena itulah asuransi jiwa merupakan produk terbaik yang bisa dipilih. Ketika akan memilih asuransi ini sendiri ada banyak sekali tips yang bisa diperhatikan, sehingga nantinya mendapatkan produk asuransi terbaik. Adapun beberapa pertimbangan yang bisa digunakan adalah:

  • Jenis asuransi jiwa yang tepat

    Tips pertama adalah dengan memperhatikan jenis asuransi yang akan dipilih. Ada banyak jenis asuransi jiwa yang mempunyai keuntungan dan kekurangan masing-masing. Misalnya saja salah satu jenis asuransi jiwa yang bisa dipilih adalah asuransi jiwa murni. Anda bisa memilih asuransi jiwa ini karena menawarkan banyak keuntungan. Mulai dari mempunyai premi terjangkau tetapi dengan uang pertanggungan yang besar.

 

  • Beli semenjak dini

    Tips selanjutnya yang akan membuat Anda lebih untung ketika membeli produk asuransi jiwa adalah membelinya semenjak dini. Dimana akan lebih baik untuk membeli produk asuransi jiwa semenjak dini atau usia muda. Hal tersebut karena nantinya bisa mendapatkan premi yang lebih rendah dengan UP lebih besar. Sehingga akan sangat disarankan membeli di usia masih muda agar lebih menguntungkan.

 

  • Perhatikan manfaat asuransi

    Tips terakhir agar bisa mendapatkan asuransi jiwa terbaik adalah dengan memperhatikan manfaat asuransi yang akan dipilih. Hal ini bisa dengan mudah dengan membandingkan produk asuransi jiwa yang akan dibeli. Seperti misalnya untuk manfaat asuransi jiwa Flexi Life dapat untuk memberikan perlindungan Covid-19, mempunyai UP hingga 5 miliar, dan juga mempunyai lebih fleksibel dalam memilih premi dan UP yang bisa didapatkan.

Berikut Cara Cerdas Beli Asuransi Agar Tidak Tertipu

Dengan bertebarannya iklan asuransi dimana-mana, membuat banyak orang semakin mengenal produk keuangan yang satu ini. Produk yang memang ditujukan sebagai perlindungan atau proteksi. Bahkan dengan pandemi covid ini sendiri, maka makin banyak yang tergerak hatinya untuk membeli produk tersebut, apalagi di Indonesia juga cukup banyak perusahaan yang memang menjual produknya. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan Anda pastinya.

Hanya saja karena semakin banyak perusahaan yang menerbitkan asuransi ini, banyak juga diantaranya yang tidak dapat dipercaya, menawarkan produk abal-abal yang pada dasarnya bermasalah agar tidak sampai tertipu maka berikut ini ada beberapa cara cerdas dalam membeli asuransi, sehingga nantinya tidak tertipu, yaitu:

  • Belilah dari perusahaan yang sudah terdaftar OJK, ada banyak perusahaan asuransi baru yang menawarkan promo istimewa seperti diantaranya adalah harga premi murah, namun sebenarnya ia sendiri belum terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan. Ini juga sangat menentukan apakah perusahaan tersebut sudah memenuhi standard keamanan yang ada ataukah belum.
  • Carilah perusahaan terpercaya dan punya reputasi baik, pastikan juga perusahaan yang akan Anda pilih tersebut memiliki reputasi yang bagus di mata masyarakat, hal ini dapat dilihat dari pemberitaan terkait dengan perusahaan tersebut di berbagai media yang ada.
  • Punya kondisi keuangan yang sehat, banyak perusahaan asuransi yang belakangan jatuh bangkrut, tidak bisa membayar hak atau kewajiban terhadap nasabah mereka. Hal ini dikarenakan kondisi keuangan yang sebenarnya memang tidak sehat. Dapat dilihat dari nilai RBC nya, ketika kurang dari 120 persen artinya kondisi keuangan perusahaan tidak sehat, maka jangan memilih mereka.
  • Jangan mudah tergiur dengan tawaran asuransi premi murah, namun memiliki banyak manfaat, karena bagaimanapun harga sebanding dengan manfaat yang diberikan, karena perusahaan ini berdiri juga berorientasi pada profit atau keuntungan. Jadi jika ada yang menawarkan demikian bisa jadi hanya rayuan sales asuransi semata dan belum tentu benar.

Cara Mudah Mendapatkan Premi Asuransi Jiwa Murah

Harga premi sering kali dijadikan sebagai pertimbangan utama dalam membeli produk asuransi jiwa. Memang tak dapat dipungkiri jika seandainya hal penting yang hendaknya diperhitungkan dalam membeli asuransi adalah harga, sesuai atau tidak dengan budget Anda. Karena jika seandainya melebihi kapasitas keuangan, maka nantinya besar kemungkinan akan membuat Anda tidak bisa rutin atau disiplin dalam membayarnya, sehingga polis dapat saja dinonaktifkan sewaktu-waktu bukan.

Hanya saja bukan sesuatu yang mustahil jika seandainya Anda ingin mendapatkan asuransi jiwa dengan harga yang murah, berikut ini cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Beli sekarang juga, jangan menunda-nunda untuk membelinya adalah kunci bisa mendapatkan asuransi jiwa harga murah. Bukan tanpa alasan, melainkan karena ketika Anda masih muda resiko kematian juga dianggap masih kecil. Sehingga perusahaan akan memberikan asuransi yang nilainya lebih murah dibandingkan dengan membeli ketika sudah tua.
  • Pilih produk asuransi jiwa term life atau berjangka, dibandingkan dengan jenis yang seumur hidup, sudah pasti asuransi jiwa berjangka ini punya tawaran harga premi yang lebih murah. Hanya saja harus dipertimbangkan dengan baik pemilihan jangka waktunya, sehingga tak ada kemungkinan premi hangus karena tidak dilakukan klaim.
  • Jangan merokok, orang-orang yang merokok memiliki resiko lebih besar terhadap kematian dan juga serangan penyakit. Sehingga ketika membeli asuransi jiwa, maka perokok ini akan dikenai dengan premi yang lebih mahal dibandingkan dengan yang bukan perokok, sehingga harus diwaspadai.
  • Selektif dalam memilih riders, dengan menambahkan riders artinya Anda akan diberikan manfaat tambahan dari asuransi tersebut. Hanya saja sebanding dengan hal tersebut maka biaya atau nilai premi yang dikenakan juga jadi lebih mahal. Sehingga ada baiknya untuk Anda agar tidak asal dalam menambahkan riders kesana. Jika memang tidak butuh maka tidak perlu menambahkan riders.

About administrator